CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Selasa, 16 Desember 2008

Mengapa langit berwana biru ?





Pernah gak tersirat pertanyaan ini di benak teman-teman ???


Hal ini sangat menarik untuk dipikirkan. Ketika kita melihat ke langit pada malam hari, langit akan terlihat berwarna hitam dengan bintang & bulan membentuk titik-titik cahaya langit. Mengapa pada siang hari langit tidak berwarna hitam dengan matahari berfungsi sebagai titik cahaya yang lain ? Mengapa pada siang hari langit berubah menjadi biru cerah dan bintang-bintang menghilang ?


Hal pertama yang perlu diketahui bahwa matahari adalah sumber cahaya yang sangat terang, dan jauh lebih terang daripada bulan. HAl kedua yang perlu dipahami adalah bahwa atom-atom nitrogen dan oksigen pada atmosfer berpengaruh pada cahaya matahari yang melewatinya. Ada gejala (fenomena) fisika yang disebut penyebaran "Rayleigh" yang menyebabkan sinar menyebar ketika melewati partikel-partikel yang berdiameter 1/10 dari panjang gelombang (warna) dari sinar matahari. sinar matahari terdiri atas bermacam-macam warna cahaya yang berbeda, tetapi karena unsur-unsur yang ada di atmosfer, warna biru yang paling banyak menyebar.


Jadi, ketika melihat ke langit pada siang yang cerah, kamu melihat matahari sebagai piringan cahaya. Warna biru yang kamu lihat di langit adalah seluruh atom yang ada di atmosfer yang menyebarkan cahaya biru ke arah kita.


Begitu ceritanya kalo dijabarkan pake ilmu Fisika
Hihihihi ^_^

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Mengapa langit berwarna biru adalah dikarenakan yaaaa. . .

karena memang dari sononya langit tu gonta ganti warna kale!!

Coba deh kalo malem malem gitu kamu keloar. .trus liat langit, masa ya warna langite biru!? ;ak hiya, brarti. . .gila kau!!

salam hangat dariku. .

Anonim mengatakan...

daripada liat langit yang g jelas gitu i, kamu mending liat blogku j, disana da langit oey!